Wahdan’s Weblog


CARA MEMBUAT WEBSITE
April 17, 2008, 9:56 am
Filed under: IT

cara membuat web

Keuntungan Membuat Website

Membuat website sekarang bukanlah hal yang sulit lagi, karena sudah banyak fasilitas alat yang bisa membuat website dengan cara yang sangat mudah & sederhana walaupun tanpa harus menguasai pemrograman atau bahasa HTML sekalipun. Tapi …. pertanyaan terbesarnya adalah: Untuk apa kah kita membuat website, apa tujuannya, apa untungnya? Ya…. kita memang harus tahu, karena jika tidak, maka website yang akan kita buat itu akan sia-sia belaka. Berikut ini adalah beberapa manfaat yang bisa kita peroleh dengan mempunyai website:

* Website anda bisa memberikan penghasilan tambahan : Jika anda punya situs iklan, maka penghasilan anda adalah dari para pengunjung yang memasang iklan di website anda, atau jika website anda bagus, anda dapat mengikuti program afiliasi dengan cara meletakkan link atau spanduk mereka di website anda, atau anda juga dapat bergabung dengan program Google Adsense untuk dapat menghasilkan uang dari iklan yang sesuai dengan isi website anda.

* Website anda bisa membantu mengembangkan usaha anda : Jika anda mempunyai semacam usaha atau jasa, anda dapat mempromosikannya melalui website, sehingga akan membantu untuk mengembangkan usaha anda secara nasional bahkan global. Artinya, anda akan dapat untung lebih banyak dari usaha atau jasa anda dengan bantuan promosi website.

* Anda dapat berbagi pendapat, pengalaman & wawasan dengan lebih mudah: Seperti halnya blog ini, weblog ini membantu saya untuk dapat berbagi sedikit pengetahuan & pengalaman saya untuk membantu anda agar dapat membuat website dengan lebih mudah & bagaimana untuk dapat menghasilkan uang dari website gratisan sekalipun🙂

* dll

Tentang Website

Sebuah website sebenarnya adalah kumpulan file atau dokumen yang tersimpan dalam suatu server (Komputer khusus yang selalu terhubung dengan internet). Setiap file mempunyai alamat masing-masing yang dinamakan URL (Uniform Resource locators). Jika anda ingin mempunyai sebuah website, maka yang anda butuhkan adalah :

* File Website : Bahasa yang paling mudah untuk membuat sebaua file website adalah HTML (Hyper Text Mark up Language). Walaupun anda tidak tahu sama sekali tentang bahasa HTML, anda pun masih bisa membuat file website sederhana dengan menggunaka software pengola kata yang biasa seperti Microsoft Office Word, Microsoft Office Excell atau Openoffice untuk Linux. Anda hanya tinggal menyimpan file anda dalam bentuk dokumen dengan ekstensi .html dengan cara menekan tombol “save as” lalu pilih format file .html. Tapi anda harus memberi nama file anda dengan index.html jika anda ingin agar file anda tersebut menjadi halaman pertama dari website anda.

* Alamat Website (URL = Uniform Resource Locator) : Ada 4 bagian penting dari URL. bagian yang pertama adalah protokol yang biasanya kita tahu sebagai http:// yang artinya Hyper Text Transfer Protocol. Bagian yang kedua adalah nama domain (kadang subdomain ikut disertakan juga) seperti http://www.domain.com atau http://www.subdomain.domain.com. Bagian yang ketiga adalah Directory seperti directory di komputer anda, di mana dokumen di simpan di area tertentu. bagian yang ke empat adalah nama file seperti index.html atau fileku.html. Berikut ini adalah contoh alamat lengkap dari sebuah file website http://www.domain.com/directory/fileku.html

* Pemandu Website (Hosting): Anda butuh sebuah server untuk menjadi pemandu (host) dari website anda. Terkadang anda harus membayar sebuah perusahaan penyedia layanan hosting untuk menyewa ruang di server mereka dan membeli alamat website anda, tapi dalam Tutorial Website Gratis ini, anda akan belajar bagaimana caranya untuk membuat website tanpa harus membayar apapun untuk membeli alamat & ruang hosting. Setelah anda mempunyai ketrampilan yang cukup untuk membuat website anda sendiri dengan bagus, anda bisa mencoba untuk membelinya dan anda dapat mencari webhosting tangguh yang termurah dengan menggunakan fasilitas search engine di bawah ini.

Cara Membuat Website (Bagian ke -1)

Pertama kali, anda harus belajar membuat website yang paling sederhana yaitu hanya dengan 1 halaman saja. Ikutilah langkah-langkah berikut ini :

• Buatlah file dokumen atau artikel sederhana dengan menggunakan Microsoft Office Word atau Openoffice untuk Linux.

• Simpanlah dalam bentuk file .html dengan cara klik tombol “save as” lalu pilihlah format html atau web page dan beri nama file tersebut dengan index.html.

• Daftarlah untuk memperoleh account webhosting gratis di sini!

• Login dulu ke account anda melalui link yang dikirimkan ke email anda saat daftar.

• Pilih menu “Manage Account” lalu klik logo CP berwarna biru yang ada di kolom “Action” sebelah kanan.

• Masukkan username & password anda dengan benar. Username anda tertera di halaman “Manage your account” di bagian kolom “Username”

• Saat login pertama kali, anda akan ditawari untuk mengikuti tutorial cPanel dalam bentuk Video, sebaiknya anda lewati saja jika kualitas hubungan internet komputer anda kurang bagus karena akan butuh waktu agak lama untuk mendownload file videonya.

• Pilihlah menu “File Manager” yang ada di bagian “Files”

• Kemudian pilih “Web Root/public_html(www)” lalu klik “Go”

• Jika anda meng-upload file dengan nama index.html di direktori ini, maka halaman index tersebut akan menjadi halaman pertama website anda. Sehingga halaman index.html tersebut akan muncul jika anda mengetikkan URL nama domain / subdomain anda di internet browser anda.

• Jika anda meng-upload halaman dengan nama selain index.html lalu ingin mengakses halaman tersebut maka URL yang anda pakai haruslah http://terserah-anda.000webhost.com/namafile.html

• Untuk mulai upload, klik menu “Upload” yang ada di bagian atas.

• Klik menu “Browse” untuk menentukan lokasi file yang akan anda upload dari komputer anda, lalu klik tombol “Enter” dan proses upload akan dimulai secara otomatis.

• Semua menu yang ada di cPanel fungsinya hampir sama dengan menu-menu file browser seperti yang ada di windows explorer.

• Setelah berhasil upload, silahkan anda lihat website anda melalui internet browser anda.

Sekarang Website anda pun juga bisa diakses oleh seluruh orang di dunia

Cara Membuat Website GRATIS (Bagian ke-2)

Sekarang, anda akan belajar bagaimana untuk membuat website dengan software pengedit html. Walaupun tanpa mengetahui sama sekali tentang html, anda masih dapat membuat website bagus dengan menggunakan software pengedit html, penggunaannya sangatlah mudah karena konsepnya adalah : Apa Yang Anda Lihat Itulah Yang Anda Dapat (WYSIWYG). Anda bisa menggunakan Front Page, Microsoft Office Publisher atau NVU untuk Linux (anda dapat menginstalnya dari repositories) Hampir semua menu dan kunci fungsinya sangatlah mirip dengan Microsoft Office Word atau Openoffice. Yang paling berbeda adalah: anda akan butuh untuk memakai fungsi Hyperlink dengan lebih banyak. Apakah hyperlink itu? Hyperlink adalah sebuah fungsi khusus untuk menghubungkan setiap masing-masing halaman website anda satu sama lainnya atau ke website yang lain, jadi … jika pengunjung website anda sedang mengeklik suatu kata atau gambar yang mengandung hyperlink, maka ia akan diarahkan untuk menuju ke alamat URL yang ada di dalam hyperlink tersebut.

Contohnya : Klik di sini !!! maka anda akan diarahkan ke http://netcome.blogspot.com karena kata “di sini !!!” berisi hyperlink untuk alamat http://netcome.blogspot.com

Bagaimana cara untuk membuat hyperlink? Itu Sangatlah mudah, pilihlah kata atau gambar yang akan anda sisipi hyperlink dengan cara mengeblok kata atau gambar dengan klik-kiri. Klik tombol “Insert” lalu pilih “Hyperlink” atau “Link”. Tuliskan alamat URL ke dalam box yang tersedia lalu tekan “Enter”! Selesai !!! Semudah itu koq :)!

Cara Membuat Website GRATIS (Bagian ke-3)

Di sini, anda akan belajar untuk mebuat website dengan menggunakan web template.

Membuat website keren dengan web template adalah sangat mudah & cepat karena web template itu sebenarnya adalah sebuah halaman website yang sudah hampir jadi. Anda hanya butuh untuk mengisinya dengan materi anda sendiri, dengan menambahkan beberapa link dan sedikit mengedit text & gambar.

Berikut inilah langkah-langkahnya :

* Download terlebih dahulu file web template secara GRATIS di sini !!!

* Lengkapi semua prosedur pendafatran. Catatan: Jika anda adalah selain pemakai dari Amerika, maka anda harus memilih “Trust Teritories” untuk kolom isian “State/Province”.

* Aktifkan account anda dengan mengeklik link yang akan dikirimkan ke alamat email anda.

* Setelah anda mendownload semua filenya, maka bukalah file dengan ekstensi .html dengan Front Page, Microsoft Office Publisher atau NVU untuk Linux.

* Gantilah textnya dengan materi anda sendiri, dengan cara seperti cara anda menggunakan Microsoft Office Word.

* Gantilah gambarnya dengan gambar anda sendiri dengan mengganti nama file gambar atau mengeditnya dengan menggunaka Photoshop atau GIMP untuk Linux. ( File gambar asli atau yang bisa diedit biasanya diletakkan di sebuah direktori khusus yang diberi nama “project”, “graphics” atau “images”)

* Tambahkan beberapa link sesuai kebutuhan anda.

* Simpan file anda dan jangan lupa untuk memberikan nama dengan index.html jika anda menginginkan halaman tersebut menjadi halaman pertama dari website anda.

* Up load-lah file tersebut ke account webhosting anda dengan menggunakan file manager atau bantuan software FTP. (akan kita bahas lagi nanti)

* Testlah website anda. SELESAI !!!

* Jika anda ingin mencari web template lain yang sesuai dengan isi website anda, maka anda dapat mencarinya dengan search engine di bawah ini dengan menggunakan kata kunci : {isi website anda} + free web template, gantilah {isi website anda} dengan: music, sport, health, education, humor, dll sesuai dengan isi website anda.

Sebenarnya masih adalagi satu cara untuk membuat website keren dengan cara mudah. Anda dapat menggunakan “Instant Web Site Builder” atau “Instant Page Builder” dan anda tidak butuh untuk mendownload file apapun ke dalam komputer anda, serta anda dapat mengedit website anda secara online. Blog inilah contohnya, saya mengedit blog saya ini secara online juga. Jika anda menginginkan untuk mempunyai blog seperti ini, anda dapat sign up ke http://www.blogger.com

Gunakan search engine di bawah ini untuk mencari layanan penyedia “Instant Web Site Builder” atau “Instant Page Builder” yang anda butuhkan !

Alat Untuk Membuat Website Dengan Mudah

Di sini anda akan menemukan alat alat yang sangat menakjubkan sekali untuk membuat, mengatur & mempromosikan website anda dengan mudah :

* Pemendek Alamat URL

* Penghitung Kunjungan

* Buku Tamu

* Pusat foto

* Jurnal harian / Blog

* Sejarah hari Ini

* Ring Situs

* Pencarian Situs

* Kartun Harian

* Horoskop

* Link Gratis

* Pertukaran Trafik

* Kartu Elektronik

* Forum Pesan

* Obrolan Langsung

* Pemberitahu Teman

* Daftar Surat Menyurat

* Layanan Pertanyaan Umum

* Pungutan Suara

* Peta Pengunjung

* Polling Mini

* dll

Semua itu bisa anda dapatkan secara GRATIS di http://www.webtool.co.nr

Cara Promosi Website Gratis

Hal yang paling anda butuhkan setelah website anda jadi adalah pengunjung website. Tanpa adanya pengunjung website anda hanyalah akan menjadi seperti sebuah file yang tersimpan di komputer biasa yang tidak pernah diakses. Semakin banyak jumlah pengunjung website anda maka artinya semakin banyak pula kesempatan anda untuk memperoleh keuntungan (uang) dari website anda.

Berikut ini adalah cara-cara yang bisa anda pakai untuk bisa menghasilkan pengunjung untuk website anda :

* Promosikan website anda di situs – situs iklan gratis yang jumlahnya sangat banyak sekali di internet. Gunakan searh engine dibawah ini dengan keyword yang berbeda-beda untuk bisa memberikan hasil pencarian yang cukup variatif. Contoh keyword yang bisa anda pakai adalah : Situs iklan, iklan gratis, iklan baris, promosi gratis dll.

* Daftarkan URL website anda ke berbagai search engine utama seperti Google, yahoo, MSN, Lycos, Altavista dll. Gunakan search engine di bawah ini untuk mencari layanan tersebut dengan keyword : {nama search engine} + submit website atau URL.

* Mengadakan kerjasama dengan website lain yang sejenis untuk saling bertukar link.

* Membuat back link di website lain yang menerima daftar katalog website. Untuk mencari website yang menyediakan layanan seperti ini anda dapat menggunkan keyword: katalog website, tambah situs, tambah URL, dll.

* Menggunakan kata yang tepat dibagian judul website dan deskripsi website anda akan sangat banyak membantu website anda untuk dapat muncul di halaman-halaman awal hasil pencarian search engine.

*. Anda pun juga bisa menggunakan bantuan software SEO (Search Engine Optimization) agar website anda mudah sekali untuk muncul di halaman hasil pencarian dari search engine ( Mesin pencari seperti Google, MSN, Yahoo, dlll ) Sehingga dengan demikian anda akan dapat pengunjung yang sangat banyak dari search engine dengan cara yang lebih mudah. Anda hanya bisa menggunakan software ini setelah website anda benar – benar telah jadi secara utuh, silahkan coba sofware ini melalui banner yang tersedia di bagian Static Page Builder

Cara Menghasilkan Uang Dari Website Gratis

Setelah anda menyelesaikan website anda , kini saatnya bagi anda untuk dapat menghasilkan uang dari website anda. Anda dapat mencoba untuk bergabung dengan program di bawah ini:

* Proram Afiliasi :

Banyak sekali macam program affiliasi, beberapa dari program tersebut akan meminta anda untuk membayar biaya pendaftaran terlebih dahulu jika anda ingin bergabung dan masih sangat banyak sekali program affiliasi yang GRATIS untuk bergabung, jadi saya lebih senang untuk mengikuti program affiliasi yang gratis saja. Anda pun dapat memperoleh komisi dari program affiliasi dengan berbagai cara juga, anda dapat dibayar dari setiap penjualan, dibayar dari setiap pendaftaran yang memenuhi syarat tertentu, dibayar dari setiap penampilan iklan, dibayar dari setiap iklan yang diklik dll.

Hal pertama yang harus anda lakukan adalah mencari program affiliasi yang tepat, pelajari sistemnya, jalankan sistemnya, lalu anda tinggal duduk untuk menanti uang yang akan mengalir dengan sendirinya walaupun anda sedang tidur sekalipun :)!

Sebagai contoh : Blog ini membahas masalah membuat website gratis, maka saya ikut bergabung dengan program afiliasi dari Bravenet, sebuah perusahaan webhosting. Bayangkan saja betapa mudahnya program ini, perusahaan ini akan membayar saya US$1 dari setiap pengguna yang mendaftrakan diri untuk memakai fasilitas gratis dari Bravenet seperti: webhosting gratis, web template gratis, pemendek alamat URL gratis, alat penghitung pengunjung gratis, dan masih banyak lagi fasilitas web tool gratis yang fantastis. Jadi yang harus saya kerjakan adalah : menaruh banner yang telah disediakan oleh Bravenet ke dalam blog saya (anda dapat melihatnya di bagian pojok bawah)

Jika anda ingin bergabung dengan program afiliasi dari Bravenet, anda dapat daftar di sini !!! Catatan: Jika anda adalah selain pengguna dari USA, maka pilihlah “Trust Teritiories” untuk mengisi kolom “State/Province”

Gunakan fasilitas search engine di bawah ini untuk membantu anda mencari program affiliasi yang paling tepat & cocok untuk anda! Contoh : Jika website anda tentang music, maka gunakan kata kunci : “music + affiliate program”. Atau klik LINK ini untuk mempelajari program GRATIS dalam mencari penghasilan dari internet yang telah benar-benar terbukti sudah bisa memberikan saya penghasilan ratusan dolar per bulan.

* Google Adsense :

Jika anda bergabung dengan program ini, maka anda akan memperoleh penghasilan dari website anda melalui penampilan iklan yang disediakan oleh Google yang sesuai dengan isi website anda. Anda dapat mempelajari program ini lebih jauh melalui link yang ada di bagian samping blog ini (Make Money With Google !) Setelah anda mendaftar, silahkan anda kunjungi http://www.cosaaranda.com untuk belajar tips-tips sukses dalam mendulang dolar dengan Google Adsense dari ahlinya🙂

Bukti Penghasilan Dari Website

Di atas adalah gambar bukti penghasilan saya dari program affiliasi dari bravenet yang dapat anda jadikan sebagai bukti bahwa tutorial web gratis ini memang benar-benar program nyata yang terbukti bisa memberikan penghasilan dolar walaupun dari hanya sekedar website gratisan. Silahkan anda klik gambar tersebut diatas untuk melihat ukuran aslinya.

Jika anda bergabung dengan program affiliasi dari bravenet, anda punya 2 pilihan untuk menerima komisi anda, yaitu lewat check atau PayPal, saya lebih suka memilih menggunakan PayPal saja karena lebih aman & lebih cepat sampainya. Orang Indonesia masih belum bisa menerima transfer uang dengan PayPal, Oleh karena itulah saya menggunakan jasa kiospay untuk menerima transfer dari PayPal lalu langsung masuk ke rekening BCA saya. Layanannya sangat bisa dipercaya sekali karena saya telah membuktikannya sendiri🙂 Di bawah ini adalah bukti screenshot bukti transfer komisi saya dari bravenet ke kiospay.com Silahkan klik gambar di bawah ini untuk melihat dalam ukuran aslinya !

Jika anda ingin mengetahui laporan penghasilan saya dari program affiliasi lainnya yang telah terbukti menghasilkan ratusan dolar per bulan, silahkan anda kunjungi blog ini


4 Komentar so far
Tinggalkan komentar

Ass….isis websitenya sangat berguna bagi saya
Thank you in advance !!!!! ^_^

Komentar oleh megh2

wah…luar biasa nih…saya jadi pengen belajar lagi sama anda…saya belum ada pertanyaan, mau langsung nyoba dulu…jangan keberatan ya kalau saya bertanya…thanks buat artikelnya…

Komentar oleh hermanet

saya ada pertanyaan nih, dimana saya bisa dapet web template gratis. balesnya ke email saya aja ! thanx b4

Komentar oleh eArc'

info lebih lanjut silahkan klik Disini

Komentar oleh eArc'




Tinggalkan Balasan

Please log in using one of these methods to post your comment:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s



%d blogger menyukai ini: